Musim Mas Group – PT Berkat Sawit Sejati (Bahasa)

PT Berkat Sawit Sejati (PT BSS) adalah salah satu anak perusahaan Musim Mas Grup (di bawah naungan Musim Mas Holdings Pte Ltd). Kami telah menjadi anggota RSPO sejak 2004 dan Grup kami adalah yang pertama dari Indonesia yang bergabung dengan RSPO.

Akses ke pelacak kasus yang relevan di situs web Keluhan RSPO dapat ditemukan di sini.

(1) Keluhan yang dibuat oleh Hutan Kita Institute (HaKI) kepada RSPO menduga anak perusahaan Musim Mas, Berkat Sawit Sejati (BSS) mengembangkan perkebunan kelapa sawit di atas lahan milik Suaka Margasatwa Dangku dan di hutan produksi.

Juni 2019

Kami menerima email pada 24 Juni 2019 dari RSPO yang menginformasikan sebuah keluhan terhadap PT BSS secara resmi telah di terima oleh RSPO. Selanjutnya RSPO meminta tanggapan atas tuduhan tersebut.

Juli – Desember 2019

Pada 10 Juli 2019, kami memberikan tanggapan tertulis dan tepat waktu dengan bukti pendukung terhadap dugaan pelanggaran. Tanggapan selanjutnya dengan tambahan bukti disampaikan pada bulan September dan Desember 2019. PT BSS telah memperoleh Hak Guna Usaha (HGU) pada tahun 2001, mengikuti proses verifikasi yang berlaku saat itu. Musim Mas membeli PT BSS beberapa tahun kemudian, pada tahun 2004. Berbagai proses verifikasi kemudian mengkonfirmasi bahwa area konsesi PT BSS berada di luar kawasan hutan.

Pada tahun 2007 terdapat pertanyaan dari instansi pemerintah mengenai HGU PT BSS. Pertanyaan ini ditanggapi oleh Bupati setempat saat itu, yang menegaskan kembali bahwa PT BSS telah memperoleh HGU sebagaimana semestinya dan konsesinya terletak di luar kawasan hutan. Tidak ada tanggapan dari badan pemerintah yang diterima untuk pengajuan ini.

Pada tahun 2015, kami secara aktif menghubungi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menegaskan kembali batas konsesi BSS dan selanjutnya, pada tahun 2018, Kementerian Lingkungan Hidup melakukan kunjungan lapangan ke BSS untuk memverifikasi areal yang ditanami. Musim Mas akan terus mendukung secara aktif penyelesaian kasus ini, seperti yang kami lakukan sejak 2007.

Desember 2019

Sekretariat RSPO menyelesaikan review dokumen pendukung yang telah diserahkan.

Januari 2020

Menurut pelacak kasus RSPO, investigasi telah selesai dan lembaga Keluhan RSPO melanjutkan pembuatan catatan pengarahan.

Juli 2020

Sampai saat ini kami belum menerima tanggapan atau keputusan dari Panel Keluhan RSPO.

language LANGUAGE
language